Tanaman Hias Gantung yang Membuat Rumah Semakin Estetis

Seringbaca.com | Rumah yang terlihat sejuk akan memberikan kesenangan bagi pemilik maupun orang yang melihatnya. Supaya rumah terlihat lebih asri dan sejuk, Anda bisa mencoba menambahkan dekorasi berupa tanaman hias gantung.

Terdapat macam-macam tanaman hias gantung yang bisa Anda pilih. Jika Anda penyuka warna cerah pilih jenis tanaman hias dengan bunga yang memiliki warna-warna cantik, namun jika tidak pilih tanaman hias daun.

Jenis Tanaman Hias Gantung

1. Tanaman Hias Gantung Million Bells

Tanaman Hias Gantung yang Membuat Rumah Semakin Estetis

Bagi penyuka tanaman hias dengan bunga yang banyak dan cantik, maka million bells adalah jenis yang tepat. Terlihat sangat indah ketika mekar, ternyata tanaman million bells tidak perlu dirawat secara khusus.

Tanaman dengan nama latin Calibrachoa ini terlihat mirip dengan bunga petunia. Anda hanya memerlukan tanah yang cukup subur dan berair, dengan sinar matahari yang baik saja untuk merawatnya.

Million bells yang ditanam menggunakan pot gantung ini akan membuat suasana rumah terlihat lebih indah dan ceria.

2. Tanaman Hias Gantung Petunia

Tanaman Hias Gantung yang Membuat Rumah Semakin Estetis

Sejak zaman dahulu, bunga petunia merupakan salah tanaman hias gantung favorit banyak orang. Tidak hanya cantik dengan warna yang beragam, bunga petunia juga akan menebarkan aroma yang harum saat pagi hari.

Jika dibandingkan dengan bunga lainnya, bunga petunia adalah salah satu jenis tanaman yang paling harum. Petunia dapat tumbuh lebih lama dengan yang kondisi stabil di Indonesia.

Walaupun begitu, ada juga yang mengatakan bahwa petunia terlalu rentan untuk hujan besar atau badai hujan. Cara perawatannya adalah dengan rajin memberi pupuk.

Penyiraman petunia perlu dilakukan berdasarkan kondisi cuaca. Ketika cuaca panas, Anda bisa melakukan penyiraman setiap hari secara rutin.

Namun, saat cuaca cenderung sejuk, petunia cukup disiram dua kali dalam seminggu saja. Ketika menyiram petunia, usahakan air tidak mengenai bagian daun tanaman.

Hal tersebut dapat menimbulkan infeksi pada petunia, seperti bercak di mahkota bunga. Bunga petunia akan mekar sepanjang tahun yang membuat tanaman hias gantung ini semakin terlihat indah.

3. Tanaman Hias Gantung Lantana

Tanaman Hias Gantung yang Membuat Rumah Semakin Estetis

Tanaman hias gantung lantana merupakan tanaman yang berasal dari benua Amerika yang beriklim tropis. Di habitat aslinya, lantana tumbuh liar dengan cara menjalar ke pepohonan, dinding, dan pagar.

Walaupun lantana merupakan tanaman menjalar, tetapi lantana juga dapat ditanam dengan pot gantung. Warna bunga lantana sangat cerah dan cantik, mulai dari warna merah jambu, orange, dan kuning.

Warna bunga yang cerah membuat banyak serangga tertarik untuk menghampirinya. Bunga lantana berbentuk tabung kecil dengan empat kelopak bunga.

Sementara itu, daunnya berbentuk bulat telur, berbulu halus, kasar, dan bergerigi. Ketika daun lantana dihancurkan akan menimbulkan bau yang cukup menyengat.

Oleh karena itu, Anda tidak perlu merasa heran jika sering melihat kupu-kupu bahkan lebah di sekitar tanaman lantana milik Anda. Lantana tidak memerlukan perawatan yang rumit, Anda hanya perlu menggunting ranting tanaman yang menjalar secara rutin.

Selain itu, beri sedikit air setiap hari pada bagian tanah untuk memastikan bunga lantana dapat mekar dengan baik. Walaupun mudah tumbuh, Anda harus memberikan perhatian terhadap lantana.

Semak pada tanaman yang ikut tumbuh akan berubah menjadi tanaman hama, apabila pertumbuhan tidak bisa dikendalikan. Oleh karena itu, Anda harus memangkas tanaman secara rutin agar tidak merugikan tanaman lainnya.

Baca Juga :  18 Tanaman Hias Bunga Cantik yang Cocok untuk Dekorasi Rumah

4. Tanaman Hias Gantung Hoya Carnosa

Tanaman Hias Gantung yang Membuat Rumah Semakin Estetis

Hoya carnosa adalah tanaman hias gantung yang memiliki bentuk daun unik. Bentuk daunnya berlilit seperti tali, sehingga tanaman ini juga disebut sebagai tanaman tali Hindu.

Jenis tanaman ini terbilang cukup berbeda dengan tanaman lainnya, kelopak daun hoya carnosa bertekstur licin seperti lilin, tebal, dan melengkung. Tidak hanya daun yang unik, bunga hoya carnosa juga terlihat seperti binatang dan memiliki aroma seperti coklat.

Bagi Anda yang tertarik untuk merawatnya, tanaman hoya carnosa ini terbilang cukup mudah dirawat di Indonesia. Supaya pertumbuhan tanaman bisa maksimal, tanaman hias gantung hoya carnosa harus disimpan di tempat yang terang tanpa terkena sinar matahari secara langsung.

Selain itu, media tanam juga harus selalu lembab tanpa tergenang air secara berlebih. Pastikan untuk menyiram tanaman saat kondisi tanah kering dan Anda juga perlu menggunakan pot dengan drainase yang baik.

5. Tanaman Hias Gantung Fuchsia

Tanaman Hias Gantung yang Membuat Rumah Semakin Estetis

Di Indonesia, bunga fuchsia ini lebih dikenal dengan nama bunga lampion atau anting India. Bagi Anda yang tinggal di daerah dengan iklim lembab dan sejuk, maka Anda bisa merawat tanaman fuchsia.

Jenis tanaman ini merupakan tanaman yang berbunga sepanjang tahun. Bentuk bunga tanaman hias gantung fuchsia menyerupai lonceng dengan warna bunga yang cerah.

Namun, jika dibandingkan dengan tanaman hias jenis gantung lainnya fuchsia cukup sulit dirawat. Untuk memastikan bunga fuchsia tetap mekar, Anda harus rajin menyiram tanah dan memberi pupuk.

Pastikan bahwa tanaman tidak mengering, namun jangan sampai air yang diberikan sampai kondisi tergenang. Tanaman fuchsia cukup disukai oleh hewan, misalnya burung dan serangga.

Oleh karena itu, tanaman fuchsia cukup mudah terkena hama, seperti ulat. Anda bisa memberikan pembasmi hama apabila diperlukan untuk memastikan fuchsia tetap tumbuh baik dan terlihat menawan.

6. Tanaman Hias Gantung Anggrek

Tanaman Hias Gantung yang Membuat Rumah Semakin Estetis

Tidak hanya digemari di Indonesia, anggrek juga menjadi tanaman yang digemari oleh banyak orang di belahan dunia. Tanaman dengan bunga yang terlihat elegan membuat tanaman hias gantung ini cocok menghiasi rumah Anda.

Ada banyak jenis anggrek dengan karakteristiknya tersendiri. Bunga anggrek bisa ditanam menggunakan pot tanaman gantung, mulai dari pot dengan material plastik sampai pot keramik.

Hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah bagian bawah pot harus diberi lubang, supaya sirkulasi udara bisa berlangsung dengan baik di sekitar akar. Lubang pot tersebut juga berguna untuk mengeluarkan air yang berlebihan.

Ciri khas dari tanaman hias gantung anggrek adalah tahan panas.  Beberapa jenis tanaman anggrek yang dijadikan sebagai tanaman hias gantung adalah anggrek bulan, anggrek sendok, anggrek kelip, dan anggrek dendrobium.

Masing-masing jenis anggrek tersebut memiliki keistimewaannya tersendiri. Harga tanaman hias ini juga dijual dengan harga yang cukup tinggi, terutama untuk beberapa jenis yang langka.

7. Tanaman Hias Gantung Tradescantia

Tanaman Hias Gantung yang Membuat Rumah Semakin Estetis

Tanaman hias gantung tradescantia memiliki ciri khas warna daun ungu keemasan dengan bunga yang berwarna putih, pink, dan biru indigo.

Campuran dari warna bunga yang sering disebut sebagai “hati ungu” ini membuat tanaman ini cukup populer sebagai tanaman hias yang elegan dan minimalis. Tanaman tradescantia memiliki simbol imortalitas.

Hal ini dikarenakan tradescantia mampu hidup dan bertahan di lingkungan dengan temperatur mencapai -7oC. Namun, Anda tidak perlu khawatir bahwa tanaman ini cepat mati.

Habitat asli tanaman tradescantia adalah daerah tropis, sehingga bisa dirawat di Indonesia yang memiliki cuaca panas. Tanaman hias gantung tradescantia bisa beradaptasi dengan baik di luar maupun dalam ruangan.

Terdapat beberapa jenis tanaman yang memiliki penampakan yang berbeda namun unik, misalnya tradescantia zebrina, tradescantia silla montana, tradescantia fluminensis, tradescantia spathacea, dan tradescantia pallida.

Baca Juga :  Nutrisi Tanaman Hidroponik Organik dan Alami

8. Tanaman Hias Gantung Begonia

Tanaman Hias Gantung yang Membuat Rumah Semakin Estetis

Begonia merupakan tanaman hias yang berasal dari daerah tropis lembab dan subtropis. Terdapat dua jenis tanaman begonia, yaitu tanaman hias daun dan tanaman hias bunga.

Tanaman hias daun begonia memiliki bentuk daun yang cukup unik dan warna yang beragam, seperti abu-abu, merah, dan ungu. Sementara itu, warna bunga begonia terlihat lebih cerah dengan berbagai warna seperti pink, putih, dan kuning.

Jenis bunga begonia cocok dijadikan sebagai tanaman hias gantung. Begonia akan terlihat sangat menawan dan menampilkan kesan yang cantik saat disimpan di depan rumah.

Jika Anda melihat kelopak bunga berwarna hijau pucat, artinya begonia kelebihan cahaya matahari. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa memindahkan tanaman ke tempat yang lebih teduh.

Tanaman begonia perlu disiram dua kali dalam sehari, yaitu ketika pagi dan sore hari. Anda juga bisa menambahkan jerami di atas media tanam begonia.

Tujuannya adalah untuk membuat media tanam dalam kondisi lembab yang cukup lama, sehingga Anda tidak perlu terlalu sering menyiram tanaman.

9. Tanaman Hias Gantung Ekor Kucing

Tanaman Hias Gantung yang Membuat Rumah Semakin Estetis

Tanaman hias gantung Acalypha yang disebut juga ekor kucing memiliki bunga yang berbentuk eksotis seperti ekor kucing yang berbulu dan berwarna merah.

Agar tanaman ekor kucing bisa tumbuh secara maksimal, tanaman ini harus disimpan di tempat yang lembab dengan temperatur yang panas. Pada kondisi udara yang cenderung kering, daun tanaman akan rontok serta timbul serangan dari hama tungau merah.

Tanaman ekor kucing termasuk ke dalam kelompok tanaman semak berkayu dengan pertumbuhan yang cukup cepat. Ekor kucing akan tumbuh dengan merambat panjang ke bawah, sehingga tanaman ini harus diletakkan dan digantung di area yang cukup tinggi.

Tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias, ekor kucing juga banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional herbal. Ekor kucing sering digunakan untuk mengobati luka berdarah, menghilangkan cacingan, serta asam urat.

Untuk mengobati luka berdarah, pertama Anda hanya perlu mencuci segenggam daun ekor kucing sampai benar-benar bersih. Setelah bersih, tumbuk sampai halus kemudian ditempel pada luka serta balut memakai perban.

10. Tanaman Hias Gantung Lili Paris

Tanaman Hias Gantung yang Membuat Rumah Semakin Estetis

Lili paris termasuk salah satu jenis tanaman hias gantung yang cukup populer, karena penampilannya yang sederhana dan minimalis. Lili paris juga bisa beradaptasi di temperatur panas maupun dingin dengan mudah.

Tidak hanya ditanam di pot gantung, Anda juga bisa menanam tanaman lili paris di pot biasa atau tanah langsung tanpa mengurangi keindahannya. Warna daun lili paris adalah hijau dan putih dibagian pinggir daun.

Salah satu manfaat dari tanaman hias gantung lili paris adalah bisa mengurangi polusi kotor di ruangan. Bagi Anda yang menyukai tampilan sederhana, lili paris bisa menjadi tanaman dekorasi yang menampilkan kesan sejuk.

11. Tanaman Hias Gantung Portulaca atau Bunga Pukul Sembilan

Tanaman Hias Gantung yang Membuat Rumah Semakin Estetis

Portulaca ini sering disebut bunga pukul sembilan oleh kebanyakan masyarakat lokal. Hal ini dikarenakan bunga portulaca mulai mekar sekitar pukul 09.00 pagi.

Tanaman hias gantung ini memiliki bunga yang cantik dan berwarna terang. Bunga portulaca bisa disimpan di luar maupun di dalam ruangan.

Tanaman cantik ini tidak memerlukan perawatan yang rumit dan memerlukan sedikit air. Portulaca perlu disimpan di area yang panas dan memerlukan sinar matahari selama 6 sampai 8 jam setiap hari, agar pertumbuhan tanaman semakin maksimal.

Ternyata, bunga portulaca ini juga memiliki manfaat yang berhubungan dengan kesehatan. Terdapat banyak senyawa di dalam bunga yang mampu mencegah serangan macam-macam penyakit.

Beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan tanaman ini adalah bisul, sakit tenggorokan, eksim, sakit kepala, hepatitis, gangguan pencernaan, dan masih banyak jenis penyakit lainnya.

12. Tanaman Hias Gantung Sirih Belanda

Tanaman Hias Gantung yang Membuat Rumah Semakin Estetis

Sirih belanda atau juga disebut sebagai devil’s ivy ini memiliki warna daun kuning keemasan. Saat tanaman terkena cahaya matahari, maka kesan yang diberikan adalah terlihat mewah dan elegan.

Baca Juga :  Benih Tanaman Hidroponik Diulas Secara Lengkap

Daun yang berbentuk hati dan merambat ini cukup menjadi perhatian banyak orang saat melihatnya. Cara perawatan sirih belanda adalah dengan meletakkan tanaman di ruangan yang tidak terkena cahaya matahari langsung dan cukup lembab.

Khasiat dari tanaman hias gantung sirih belanda adalah kemampuannya yang dapat menyaring kotoran, seperti asap rokok di ruangan. Oleh karena itu, bagi Anda perokok pasif, tanaman ini sangat cocok untuk memperbaiki kualitas oksigen di sekitar Anda.

Selain itu, tanaman sirih belanda yang disimpan di kamar juga akan membuat Anda tidur lebih nyenyak.

13. Tanaman Hias Gantung Paku Sarang Burung

Tanaman Hias Gantung yang Membuat Rumah Semakin Estetis

Paku sarang burung atau yang dikenal sebagai tanaman kadaka adalah jenis tanaman epifit, yang hidupnya menumpang dengan tanaman lain. Anda bisa menjadikan tanaman kadaka sebagai tanaman hias gantung yang unik dan terlihat cantik saat dilihat.

Bentuk kelopak dari tanaman paku sarang burung ini tergantung dari cahaya matahari yang diperoleh. Ketika panas matahari yang diperoleh banyak, maka daun tanaman akan mengerut ke atas.

Namun, saat tanaman tidak terkena cahaya matahari yang banyak, daun tanaman akan terlihat lebih datar. Untuk memberikan kesan minimalis, pilih pot gantung yang berbahan batu atau kayu.

Tanaman kadaka harus disimpan di area yang cukup lembab, sehingga Anda bisa menjadikan tanaman ini sebagai dekorasi untuk kamar mandi.

14. Tanaman Hias Gantung Kaktus Anggur

Tanaman Hias Gantung yang Membuat Rumah Semakin Estetis

Umumnya jenis tanaman kaktus terkenal dengan bentuk daun yang berduri. Namun, hal ini berbeda dengan jenis kaktus anggur yang merupakan salah satu jenis tanaman hias gantung.

Kaktus anggur atau Sedum morganianum memiliki bentuk daun yang terlihat bulat dan tumbuh ke arah bawah. Tanaman hias ini sangat tahan terhadap panas dan tidak perlu selalu disiram.

Tanaman gantung ini sangat unik dan cocok untuk dijadikan dekorasi rumah. Terkadang tumbuh bunga kecil yang berwarna kuning, putih, serta merah di antara daun-daun yang tebal.

Agar nutrisi tanaman selalu terpenuhi, berikan pupuk ketika tanaman kaktus anggur dipindahkan ke pot yang lebih besar. Cara budidaya kaktus anggur juga cukup mudah yaitu dengan cara stek daun.

15. Tanaman Hias Gantung Keladi

Tanaman Hias Gantung yang Membuat Rumah Semakin Estetis

Keunikan dari tanaman hias keladi adalah bentuk daun yang bisa berubah. Keladi atau Syngonium podophyllum ini berbentuk mata panah saat masih muda.

Namun, ketika tumbuh bentuk kelopak daun akan menyerupai jari tangan. Perawatan tanaman hias gantung keladi terbilang cukup mudah.

Tanaman ini juga tidak mengundang banyak hama. Tanaman hias gantung keladi tidak memerlukan banyak air, tapi Anda juga harus berhati-hati saat menyiramnya agar tanaman tidak busuk.

Supaya tanaman terlihat cantik, Anda perlu menggantung pot di tempat yang cukup tinggi. Jenis tanaman hias keladi ini diperkirakan akan cukup populer di masa yang akan datang.

Beberapa jenis tanaman keladi yang disukai masyarakat adalah jenis gingerland, moonlight, bicolor, carolyn whorton, dan amazon.

Tanaman hias gantung sangat cocok disimpan di bagian luar rumah maupun di dalam ruangan. Pilihlah jenis tanaman gantung yang bisa dirawat dengan mudah, serta menambahkan kesan tersendiri di area yang Anda inginkan.

 

Baca Artikel yang berkaitan dengan Tanaman Hias :

You May Also Like