15 Tanaman Hias Batang Cantik untuk Interior dan Eksterior Ruangan

Seringbaca.com – Mungkin Anda pernah melihat tanaman hias dengan keindahan batang yang kokoh dan menarik. Tanaman hias batang memang kerap kali menjadi pilihan untuk memperindah pekarangan rumah.

Tanaman hias batang bisa tumbuh dengan baik di pekarangan rumah. Tak heran jika jenis tanaman hias ini banyak diburu pecinta tanaman hias.

Pada dasarnya, penamaan tanaman hias berdasarkan keindahan dan bentuk bagian tertentu. Misalnya tanaman hias bunga, tanaman hias daun, tanaman hias batang, dan tanaman hias akar.

Untuk tanaman hias batang, tentunya sudah dapat ditebak bagian mana yang tampak menonjol. Tanaman hias jenis ini memiliki batang yang indah dan kokoh, sehingga layak menghiasi pekarangan.

Daftar Tanaman Hias Batang

Bagi Anda yang berminat menggunakan tanaman hias batang, ada beberapa jenis yang direkomendasikan. Tempatkan tanaman hias ini di pekarangan rumah untuk memperindah hunian dn membuatnya lebih asri.

1 . Dragon Tree

Tanaman ini banyak digunakan sebagai penghias pekarangan kantor maupun rumah hunian. Tanaman hias batang dengan nama ilmiah Dracaena draco ini, banyak diminati karena mudah dirawat.

Agar pertumbuhannya optimal, sebaiknya tempatkan di area tanam yang terang dengan pencahayaan yang cukup. Tidak hanya itu, tanaman dragon tree dikenal dengan sifatnya yang multifungsi.

Tidak hanya sebagai tanaman hias, namun juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan udara dan digunakan sebagai obat. Penampilan tanaman ini bisa dirancang membentuk kanopi.

Tak heran jika dragon tree kerap kali ditempatkan di pekarangan rumah atau gedung. Selain menambah kesan asri, tanaman ini memiliki tampilan yang unik untuk tampilan hunian yang lebih menarik.

2. Palem Botol

Tampilan tanaman hias ini begitu unik karena batangnya yang pendek dan bulat menyerupai botol. Tidak bisa dipungkiri, tanaman dengan nama latin Hyiphorbe lagenicaulis ini memang memiliki banyak peminat.

Tanaman ini dapat dibudidayakan melalui bijinya. Selain itu, tanaman ini juga tidak rewel dalam hal perawatan. Bahkan tahan di cuaca yang kering dan panas sekalipun.

Jadi, Anda tidak perlu  menyiramnya terlalu sering. Tanaman ini akan menambah keasrian pekarangan dengan bentuknya unik.

Banyak pecinta tanaman hias palem yang menempatkan tanaman ini di pekarangan. Keunikan batangnya memang membuat siapapun yang melihatnya terpesona.

3. Pandan Bali

Bagi yang sedang mencari tanaman hias simple, bisa mencoba Cordyline australis atau pandan bali. Tanaman ini sangat cocok ditempatkan di pekarangan rumah.

Selain itu, Anda juga bisa menempatkannya di interior ruangan. Tanaman ini ampuh untuk membuat udara bersih dan tetap segar.

Jadi, tanaman ini juga bisa berfungsi sebagai penyaring kotoran dan debu. Bentuk batang tanaman ini memanjang dan kokoh.

Daunnya tumbuh menjuntai ke bawah. Selain itu, daunnya bertekstur halus dan tipis yang terlihat menarik dipandang.

Pandan Bali bisa digunakan sebagai tanaman hias interior maupun eksterior ruangan. Selain menambah kesan asri, udara di sekitar pun akan terasa lebih sejuk.

4. Bambu Air

Tanaman hias batang ini memiliki nama ilmiah Equisetum hyemale. Di alam liar, setidaknya terdapat 25 spesies bambu air yang berbeda.

Kepopulerannya tidak perlu diragukan lagi bagi pecinta tanaman hias. Bambu air cukup mudah dibudidayakan dengan ukuran maksimal tumbuh setinggi 3 meter.

Tanaman ini memiliki tampilan yang menarik dengan daun berwarna hijau cerah. Selain itu, bagian yang uniknya adalah cincin coklat di sela-sela batangnya.

Baca Juga :  Tanaman Hias Daun yang Cocok Bagi Pemilik Hobi Merawat Tanaman

Bambu air juga populer dengan sebutan tanaman paku ekor kuda. Hal ini karena bentuknya yang runcing layaknya tanaman paku-pakuan.

Bagi yang sedang mencari tanaman hias simple namun cantik dan indah dipandang, bambu air bisa menjadi pilihan. Permintaan tanaman ini di pasaran juga termasuk tinggi dan menjadi buronan pecinta tanaman hias.

Tidak hanya itu, di balik keindahannya juga tersimpan anggapan bahwa tanaman indah ini membawa hoki. Terutama jika Anda menempatkannya di bagian interior rumah.

Bambu air bisa ditanam di dalam pot sedang ataupun besar. Anda bisa menempatkannya di teras depan rumah agar terlihat lebih menarik.

5. Bambu Kuning

Sesuai dengan namanya, tanaman hias batang ini memiliki tampilan batang berwarna kuning. Nama ilmiahnya adalah Bambusa vulgaris var. striata yang memiliki bentuk unik.

Warna kuning cerah begitu memanjakan mata, terutama ketika terkena sinar matahari. Batang bambu ini kecil dan ramping, tak heran jika tanaman ini memiliki sebutan bambu kuning mini.

Banyak yang menempatkannya sebagai pembatas taman atau sebagai ornamen di sekitar pekarangan. Bambu kuning tumbuh dengan cara berkelompok, sehingga tampak rimbun dan cantik.

Tanaman ini juga bisa tumbuh dengan baik di teras rumah.  Namun, jangan biarkan tanaman ini terkena sinar matahari langsung terlalu lama.

Bambu kuning cenderung menyukai tempat yang sejuk. Terdapat mitos yang melekat mengenai tanaman hias ini, yaitu dipercayai sebagai pengusir hantu.

Tak heran jika tanaman hias batang ini juga erat dengan cerita mitos. Namun di balik ceritanya tersebut, tanaman bambu yang ramping ini bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai tanaman hias.

Tidak hanya itu, tanaman ini juga kerap kali digunakan sebagai tanaman obat untuk membuat ramuan alternatif.

6. Palem Bambu

Tanaman dengan nama ilmiah Chaedorea elegans ini bisa ditempatkan di ruangan indoor maupun outdoor. Daya tahan hidupnya juga tergolong panjang karena daunnya tumbuh dengan kuat.

Palem bambu bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai mempercantik tampilan ruangan. Menariknya, tanaman ini juga memiliki kelebihan menyaring udara kotor.

Anda juga bisa menempatkannya di berbagai kondisi cahaya, baik terang maupun minim cahaya. Meski namanya terdapat unsur bambu, namun tanaman ini tidak memiliki hubungan dengan spesies bambu.

Palem bambu kerap kali dikembangbiakan di dalam pot lalu dijadikan tanaman hias interior. Anda akan mendapati ruangan lebih segar dan menarik dengan tanaman ini.

Bagi yang ingin mempercantik rumah dengan tanaman ini, sebaiknya tanam secara bergerombol. Hal ini akan menambah keunikan tanaman karena memberi kesan rimbun yang asri.

7. Kaktus Mini

Tanaman kaktus pada dasarnya sudah lama dijadikan tanaman hias karena bentuknya yang unik. Duri yang menempel di tubuhnya tak lantas membuat tanaman ini tidak diminati.

Tanaman dengan nama latin Cactaceae ini memiliki ukuran mini, yang tumbuh dengan bentuk unik dan begitu menarik perhatian. Salah satu keunggulan utamanya adalah perawatannya yang mudah.

Seperti yang telah diketahui, kaktus memiliki kemampuan untuk menyimpan cadangan air. Jadi, Anda tidak perlu khawatir tanaman ini akan cepat mati karena kekurangan air.

Tanaman hias  kaktus mini sangat cocok sebagai penghias interior ruangan. Anda bisa mengkombinasikannya dengan rak gantung di dinding.

Kaktus mini menjadi salah satu tanaman hias batang yang digemari berbagai kalangan usia. Hal ini karena tanaman hias ini fleksibel diletakkan dimana saja untuk mempercantik ruangan.

Biasanya, tanaman ini dijual dengan pot mini yang lucu dan menggemaskan. Jadi, Anda bisa menempatkannya di kamar sebagai penghias ruangan.

8. Kaktus Zebra

Tanaman Hias Batang Cantik untuk Interior dan Eksterior Ruangan

Seperti tanaman kaktus lainnya, kaktus zebra juga lebih menyukai tempat kering dan terkena sinar matahari. Tanaman dengan nama ilmiah Haworthia Attenuata ini mudah dalam hal perawatan.

Baca Juga :  31 Tanaman Hias Aquarium Paling Populer

Tanaman ini menjadi salah satu yang banyak dicari kolektor tanaman hias. Tanaman yang memiliki habitat asli di Afrika Selatan ini memiliki bentuk daun yang unik dan tebal.

Warna daunnya hijau tua dengan bercak putih, motifnya mungkin akan sedikit mengingatkan pada kuda Zebra. Daunnya yang tebal menyerupai batu dan membuatnya mendapat sebutan daun batu.

Bagi yang ingin menanam kaktus zebra sendiri, ternyata caranya cukup mudah. Pastikan Anda menggunakan media tanam yang kering dan lakukan penyiraman tiga hari sekali.

Jangan siram tanaman ini berlebihan, apalagi jika sampai tanahnya terlalu lembab dan berair. Hal ini akan menyebabkan daun kaktus membusuk dan cepat mati.

Kaktus menyimpan cadangan airnya dengan baik pada batang. Jadi, Anda tidak perlu terlalu panik ketika kaktus belum disiram.

9. Bonsai Serut

Bagi pecinta bonsai, pastinya sudah tidak asing dengan jenis bonsai mempesona ini.  Tanaman kerdil ini memiliki nama latin Strablus asper.

Bentuknya yang unik dan mungil ini menjadi salah satu alasan banyak yang berminat terhadap tanaman ini. Bonsai serut bisa tumbuh dengan baik di sebuah pot.

Jadi, Anda tinggal melakukan perawatan yang baik dan benar terhadap tanaman ini. Keindahannya memang tidak perlu diragukan, terutama pada bagian batangnya.

Budidaya bonsai serut bisa dilakukan melalui tiga cara, yaitu metode tunas, cangkok, dan stek. Tanaman ini bisa diletakkan di teras maupun sebagai penghias interior ruangan.

10. Cemara

Tanaman hias dengan nama latin Casuarinaceae ini biasanya ditanam di area taman. Namun, tidak menutup kemungkinan Anda untuk menanamnya di pekarangan rumah.

Bentuk batang tanaman ini lurus dengan daun yang unik. Mungkin Anda sudah tidak asing penggunaan tanaman ini sebagai dekorasi perayaan natal.

Cemara juga bisa dijadikan hiasan ruangan interior, apabila Anda bisa meletakkannya dengan baik. Salah satu kelebihan tanaman ini adalah selalu menghijau.

Pohon ini tidak mudah kering ataupun rontok. Jadi, tidak akan merepotkan Anda untuk membersihkan daun-daunnya.

11. Kamboja

Meski Indonesia bukan merupakan habitat asalnya, tanaman ini cukup banyak ditemukan di daerah Bali. Bahkan di setiap sudut Pulau Bali, Anda bisa  mendapati tanaman dengan nama latin Plumeria ini.

Tanaman hias ini sering digunakan sebagai tanaman peneduh atau penanda makam.  Kamboja bisa tumbuh dengan kokoh di daratan dengan ketinggian tidak lebih dari 700 meter dpl.

Kemampuan tanaman ini untuk beradaptasi sangat baik. Kamboja tidak memerlukan karakteristik tempat tertentu untuk tumbuh dengan baik.

Meskipun dikenal sebagai bunga untuk pemakaman, kolektor tanaman hias juga kerap kali memburuhnya. Hal ini karena keunikan dan keindahan bunga yang dihasilkan.

Tanaman ini berbentuk pohon yang bisa tumbuh dengan kokoh 1,5-6  meter. Bunga yang dihasilkan pun indah dengan beraneka ragam warna.

Bunga kamboja yang terkenal misalnya berwarna putih, kuning, dan merah. Warna yang dihasilkan tergantung dari jenis kultivar plumeria yang ditanam.

Ada dua jenis tanaman kamboja yang bisa dipilih sebagai tanaman hias, yaitu kamboja biasa dan kamboja Jepang.  Perbedaannya terletak pada ukuran batang kamboja Jepang yang dikenal lebih lebar dan besar.

12. Palem Merah

Palem merah memiliki nama latin Cyrtostachys renda.  Warnanya yang merah cerah membuat tanaman ini banyak dipilih sebagai tanaman hias.

Pelepah daun tanaman ini berwarna merah yang akan semakin menarik ketika terkena cahaya matahari. Sayangnya, keberadaan palem merah sudah cukup langka di habitat aslinya, yaitu hutan Sumatera.

Tanaman palem ini bisa tumbuh tinggi mencapai 16 meter. Selain itu, bentuk batangnya unik karena bisa tumbuh dengan rapat dan rimbun.

Batang ramping palem bisa tumbuh berjumlah batang. Untuk ukuran batangnya sendiri cukup bervariasi, yaitu di rentang 5-14 cm.

Baca Juga :  Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Yang Paling Mudah

Dedaunan yang tumbuh di tanaman palem terdiri dari anakan daun sekitar 50 helai dengan panjang masing-masing 45 cm. Daun tanaman palem ini begitu unik, karena berbentuk crownshaft dan memiliki pelindung dan tangkai daun merah menyala.

Tidak hanya dikenal sebagai tanaman hias, palem merah juga memiliki kemampuan membersihkan oksigen. Jadi, Anda bisa menanamnya sebagai penjernih udara.

13. Mawar Jambe

Mungkin istilah mawar jambe masih terdengar asing. Tanaman memiliki nama lain yang populer, yaitu pakis haji.

Bentuknya sangat unik dengan batang berwarna coklat, sedangkan daunnya mungkin akan mengingatkan Anda dengan daun palem yang biasa terdapat di halaman rumah.

Tanaman pakis haji merupakan salah satu tanaman yang sering digunakan untuk memperindah rumah gaya minimalis. Pesona tanaman ini memang tidak terhindarkan.

Batang yang keras, kokoh, dan daun berwarna hijau segar menjadi kombinasi tanaman hias yang mengagumkan. Sayangnya,tanaman ini memiliki laju perkembangbiakan yang lambat.

Bahkan untuk mencapai tinggi 1 meter saja, mawar jambe membutuhkan waktu sampai 10 tahun. Saat berada di usia tersebut, panjang daunnya bisa mencapai lebih dari 75 cm.

Tentunya, tanaman hias batang ini memiliki harga yang cukup fantastis. Salah satu trik untuk mempercepat perkembangbiakan tanaman ini adalah menanamnya di area yang terkena sinar matahari yang cukup.

14. Bonsai Waru

Salah satu tanaman yang bisa dijadikan bonsai adalah waru. Nah, bonsai satu ini biasanya ditemukan di daerah tepi pantai, rawa-rawa, dan sungai.

Di tangan yang ahli, tanaman ini bisa dikembangbiakan menjadi bonsai yang cantik dan menawan. Tak jarang bonsai yang berasal dari tanaman waru diperlombakan di pameran bonsai.

Tanaman waru sendiri memiliki ranting yang padat sehingga sulit dibentuk. Namun jika berada di tangan yang tepat, keindahan bonsai  ini memang tak tertandingi.

Anda bisa menggunakannya sebagai hiasan interior maupun eksterior. Harga bonsai ini memang terbilang mahal.

Butuh teknik khusus agar tanaman waru bisa dibentuk dengan leluasa menjadi bonsai yang menarik. Nilai estetika bonsai ini juga menambah alasan mengapa harganya terbilang malah.

15. Bonsai Kemuning

Jenis tanaman hias batang selanjutnya masih berasal dari bonsai. Bonsai dari kemuning bisa menjadi pilihan sebagai hiasan interior maupun eksterior.

Kemuning sendiri merupakan tanaman yang bisa mengeluarkan wangi semerbak. Tanaman ini bisa dikembangbiakkan menjadi bonsai yang indah nan menawan.

Pohon kemuning sendiri tumbuh secara liar di berbagai wilayah di tanah air. Dengan teknik yang tepat, bonsai kemuning menawarkan keindahan yang luar biasa.

Bonsai kemuning yang sudah tua biasanya memiliki batang yang sudah mengeropos. Saat bunganya mulai tumbuh, tanaman ini akan semakin indah dipandang.

Sayangnya, keberadaan kemuning sendiri sudah termasuk langka. Hal ini karena pemanfaatannya yang sudah berlebihan, termasuk sebagai obat.

Aneka rekomendasi tanaman hias batang di atas bisa Anda jadikan referensi ketika hendak membeli tanaman. Pasalnya, tanaman hias jenis ini tidak hanya cantik, namun Anda juga bisa menjadikannya penjernih udara yang menyegarkan.

 

Baca Artikel yang berkaitan dengan Tanaman Hias :

You May Also Like