20+ Tanaman Hias Outdoor yang Mudah Ditanam

Seringbaca.com – Tanaman hias outdoor tentu saja bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mempercantik dan mempermanis halaman rumah. Tumbuhan dengan dedaunan yang hijau dan bunga beraneka warna bisa membuat mata yang lelah menjadi segar kembali.

Tanaman hias outdoor sendiri ada banyak jenisnya, Anda bisa menanamnya langsung di tanah atau menggunakan pot. Yang terpenting adalah Anda selalu merawatnya dengan baik, seperti melakukan penyiraman secara rutin, pemberian pupuk, memangkas bagian yang layu, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, menanam tanaman bukan hanya berfungsi sebagai estetika saja. Tetapi juga membuat lingkungan sekitar menjadi lebih sehat, segar, dan asri. Jadi, jika Anda menginginkan udara yang berkualitas baik banyak-banyaklah menanam pohon dan tanaman di sekitar rumah.

Tanaman Hias Outdoor Cocok Untuk Dekorasi Pekarangan Rumah

  1. Bambu Hias

Tanaman hias di dalam ruangan BAMBU JEPANG tanaman mudah perawatan | Shopee Indonesia

Dracanea sanderiana merupakan nama latin dari bamboo hias. Sangat berbeda dengan jenis bambu biasa yang sering digunakan untuk bahan bangunan, bambu jenis ini memiliki ukuran yang lebih pendek dan lebih kecil.

Dapat tumbuh secara maksimal mencapai tinggi 3 meter, bambu ini sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias outdoor. Banyak pula yang memanfaatkan bambu hias sebagai pagar alami penahan angin dan tanaman untuk mengurangi polusi suara.

Bambu hias tersedia dalam berbagai jenis, mulai dari yang batangnya berwarna kuning atau hijau, di tanam pada media tanah atau air, dan berukuran kecil hingga sedang. Hal lain yang menjadi daya tarik dari bambu hias adalah dipercaya sebagai tanaman pembawa keberuntungan.

  1. Bayam Hias

Bayam Merah Tingkatkan Kerja Ginjal - Harian Merapi

Jenis bayam yang satu ini bukan difungsikan sebagai bahan makanan, tetapi sebagai tanaman hias outdoor. Bayam hias sendiri ada banyak jenisnya, seperti Iresine herbstii (bayam merah), Royal begonia, dan Coleus merah.

Warna dan bentuk dari daun bayam hias sangat berbeda dengan jenis bayam yang dikonsumsi. Bayam hias memiliki daun yang cenderung lebih tebal dan berwarna mencolok, kombinasi antara merah, kuning, dan hijau.

Tanaman hias outdoor ini bisa tumbuh dimana saja, tetapi lebih optimal pada kondisi suhu yang tinggi dan ruang terbuka dengan intensitas cahaya matahari yang tinggi pula.

  1. Bunga Gaillardia

Jual Bibit Benih Seeds Bunga Gaillardia Aristata Blanket Flower di Lapak Entis Store | Bukalapak

Jika Anda sedang mencari tanaman hias outdoor dengan bunga yang cerah, gaillardia bisa dijadikan pilihan. Jika dilihat secara sekilas, bunga gaillardia terlihat seperti bunga matahari. Sehingga banyak orang yang mengira jika bunga ini memanglah bunga matahari.

Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, sebab tanaman hias outdoor gaillardia memang masih berkerabat dekat dengan keluarga bunga matahari yaitu Asteraceae atau Compositae. Gaillardia memiliki bunga yang cantik seperti bunga matahari, tetapi ukurannya lebih kecil.

  1. Pohon Cemara

Jual pohon cemara natal - cemara kipas di Lapak Dezafro Florist | Bukalapak

Tanaman hias outdoor selanjutnya yang cocok ditanam pada daerah tropis adalah pohon cemara. Pohon cemara sendiri ada banyak jenisnya, terdapat sekitar 70 jenis cemara mulai dari yang berukuran kecil hingga besar.

Anda bisa memilih pohon cemara sesuai kondisi rumah dan kebutuhan. Karena selain sebagai tanaman hias outdoor, cemara juga berdampak postif untuk kesehatan. Menurut ahli psikologi lingkungan University of Surrey Birgitta Gatersleben, cemara bisa meredakan stress pada manusia.

Hal tersebut dikaitkan dengan makna pohon cemara sebagai simbol kepuasan dan kesejahteraan dalam kehidupan. Maka secara tidak langsung cemara bisa meringankan penyakit mental dan mengatasi stress pada manusia.

  1. Bunga Tapak Dara

Meski Tumbuh Liar, Ini Manfaat Rutin Minum Air Rendaman Bunga Tapak Dara Bagi Kesehatan - Tribunnews.com Mobile

Bunga tapak dara atau dikenal pula dengan nama geranium merupakan tanaman hias outdoor yang multifungsi. Selain sebagai tanaman hias, tapak dara juga kerap dijadikan obat herbal dan penangkal nyamuk.

Baca Juga :  Tanaman Hias Daun yang Cocok Bagi Pemilik Hobi Merawat Tanaman

Wewangian yang dihasilkan bunga tapak dara ternyata tidak disukai oleh nyamuk. Sehingga tanaman ini bisa digunakan untuk menangkal kehadiran nyamuk. Selain itu, kandungan locherine, vincamine, dan alkaloid dalam daun tapak dara sangat berkhasiat untuk kesehatan.

Daun tapak dara dipercaya bisa meredakan gejala stress, mengobati batuk dan pilek, mengatasi demam tinggi, mengobati bisul, dan membuat tidur Anda lebih nyenyak. Selain itu, rendaman air bunga tapak dara juga bisa dikonsumsi untuk mengobati berbagai penyakit kanker.

  1. Tanaman Hias Kaktus

5 Tips Merawat Tanaman Kaktus dan Sukulen untuk Pemula, Klik Ini! • Klik Hijau

Terkenal sebagai tanaman gurun, rupanya kaktus juga cocok untuk ditanam di daerah tropis seperti Indonesia. Akhir-akhir ini kaktus menjadi tanaman hias outdoor dan indoor yang sangat populer.

Banyak orang yang tiba-tiba menyukai kaktus padahal sebelumnya tidak memperhatikan sama sekali. Hal ini disebabkan banyaknya jenis kaktus yang muncul dengan bentuk yang unik. Sehingga banyak orang yang terdorong untuk memiliki kaktus unik tersebut.

Jika ingin menggunakan kaktus sebagai tanaman hias outdoor, sebaiknya Anda memperhatikan betul mengenai posisi peletakkannya. Terlebih jika terdapat anak kecil di rumah Anda, mengingat kaktus merupakan tumbuhan berduri.

  1. Tanaman Hias Abromeitiella chlorantha

Abromeitiella | Shopee Indonesia

Tahukah Anda apa itu Abromeitiella chlorantha? Jika belum pernah melihat dan mengetahuinya, mungkin saja Anda mengira tanaman hias outdoor ini sebagai lidah buaya.

Sekilas karakteristik Abromeitiella chlorantha memang hampir sama dengan lidah buaya atau aloe vera, yaitu daunnya tebal meruncing berwarna hijau dengan bercak-bercak putih dan memiliki duri di bagian tepinya.

Abromeitiella chlorantha menjadi tanaman hias outdoor juga indoor bagi beberapa orang karena perawatannya yang mudah dan fleksibel untuk diletakkan dimanapun.

  1. Bunga Euphorbia

Sketsa Gambar Bunga Euphorbia - Gambar Bagian Tumbuhan

Pernah menjadi tren di Indonesia beberapa tahun yang lalu, bunga euphorbia sangat cocok dijadikan tanaman hias outdoor. Saat masih menjadi tren, harga tanaman euphorbia sangatlah tinggi namun Anda tidak perlu khawatir karena sekarang harganya sudah lebih terjangkau.

Meskipun batangnya berduri, bunga dari tanaman euphorbia sangatlah unik. Setiap tangkai terdiri atas beberapa bunga berukuran kecil yang setiap bunganya memiliki dua helai mahkota.

Bunga euphorbia yang paling banyak ditemukan adalah yang berwarna merah. Namun adapula spesies euphorbia yang memiliki bunga berwarna ungu, cokelat, dan hijau. Sebagai tambahan informasi, batang dari tanaman hias outdoor ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku lilin.

  1. Bunga Bougenville

I Like This: bunga kertas

Bunga bougenville juga termasuk tanaman hias outdoor yang sangat populer. Karena kepopulerannya tersebut, bunga bougenville sangat mudah ditemui di taman, pinggir jalan, dan pekarangan rumah orang lain.

Memiliki bunga yang indah dan mudah dalam merawatnya adalah alasan mengapa banyak orang yang menanam bougenville sebagai tanaman hias outdoor. Tanaman yang dipercaya membawa keberuntungan ini memiliki banyak pilihan warna bunga, seperti merah, pink, ungu, kuning, & putih.

  1. Bunga Pentas

Jual tanaman hias TAHAN PANAS Asoka bunga merah MURAH & BERKUALITAS | KARITANI

Reputasi bunga pentas sebagai tanaman hias outdoor nampaknya tidak bisa diragukan lagi. Tanaman hias dengan bunga yang sekilas mirip bunga asoka ini banyak dipilih karena keindahan dan manfaatnya.

Di samping sebagai tanaman hias outdoor, bunga pentas memiliki fungsi lain yaitu sebagai penangkal hama. Bunganya yang berukuran kecil dan berwarna merah muda ini bisa mengusir hama tumbuhan seperti ulat dan kutu kebul. Sehingga bunga pentas bisa dibilang multifungsi.

  1. Kembang Sepatu

Manfaat Tanaman Hias Kembang Sepatu untuk Kesehatan - Tanaman Hias

Di Indonesia, kembang sepatu sudah menjadi tanaman hias outdoor yang umum ditemui di sepanjang jalan atau pekarangan rumah masyarakat. Tanaman jenis ini memang sudah sangat populer di masyarakat Indonesia.

Ciri khas dari kembang sepatu adalah bunganya berbentuk seperti terompet dan berwarna merah merona. Saat menanam kembang sepatu nantinya, pekarangan rumah Anda pasti akan dipenuhi dengan kupu-kupu dan kumbang, karena tanaman hias outdoor ini merupakan favorit serangga.

Baca Juga :  Tanaman Hidroponik : Media, Jenis, Cara, dan Teknik Hidroponik

Menanam kembang sepatu tidaklah sulit dan repot, sehingga sangat cocok bagi Anda yang masih baru dalam dunia tanaman. Perawatannya juga sangat mudah, hanya perlu menyiram tanaman secara rutin dan memberi pupuk secara berkala.

  1. Bunga Saliara

5 Biji benih bonsai bunga saliara orange oranye | Shopee Indonesia

Berasal dari Amerika Tengan, bunga cantik yang masuk ke dalam family Verbenaceae ini sering dijadikan tanaman hias outdoor. Disebut juga dengan nama bunga tembelek dan bunga lantana camara, bunga saliara banyak disukai karena menghasilkan aroma yang sangat harum.

Maka tidak heran jika tanaman hias outdoor ini banyak digunakan untuk mempercantik taman atau kebun yang berukuran cukup luas. Biasanya dalam satu tangkai, bunga saliara terdiri dari beberapa macam warna yaitu kuning, orange, dan merah.

  1. Bunga Tabebuya

Begini Cara Menanam Merawat Tabebuya atau Tabebuia sp

Beberapa waktu lalu, bunga tabebuya sempat menjadi perbicaraan hangat sebagai tanaman hias outdoor. Pasalnya, bunganya bermekaran pohon tabebuya ini nampak seperti pohon sakura yang berasal dari Jepang.

Bunga tabebuya banyak ditanam di sepanjang jalan beberapa kota di Indonesia, seperti Surabaya, Magelang, dan lain sebagainya. Keindahan bunga tabebuya memang patut diacungi jempol. Saat bunganya belum mekar tanaman hias outdoor ini memang terlihat biasa saja.

Akan tetapi, saat bunganya bermekaran dan berguguran di situlah letak keindahannya. Bunga tabebuya berwarna pink saat mekar, kemudian akar berguguran setelah beberapa hari mekar dan menghiasi lingkungan sekitarnya.

  1. Aglonema

Cara Gunakan Pupuk NPK Mutiara 16-16-16 agar Aglonema Makin Berkilau Halaman all - Kompas.com

Aglonema adalah salah satu tanaman hias outdoor yang paling populer dan paling banyak diburu oleh penggemar tanaman. Tak hanya dijadikan hiasan outdoor saja, aglonema juga kerap dijadikan dekorasi di dalam rumah, ruang kerja, dan ruang indoor lainnya.

Aglonema dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim dingin maupun panas, sehingga daerah tropis seperti Indonesia merupakan tempat yang pas untuk tanaman hias outdoor ini. Ciri khas dari tanaman aglonema terletak pada daunnya yang bercorak unik.

Daun aglonema biasanya berwarna merah dengan tulang daun berwarna hijau, tetapi adapula daun yang berwarna hijau dengan corak berwarna putih di bagian tengahnya. Corak dari aglonema bisa berbeda-beda tergantung pada jenisnya.

Selain karena corak daun yang unik, aglonema banyak digandrungi juga karena bermanfaat bagi kesehatan dan lingkungan. Aglonema memiliki kemampuan menyerap zat beracun di udara dan bisa menyuplai udara bersih lebih banyak, sehingga udara disekitarnya akan terasa lebih segar.

  1. Bunga Canna

Bunga Canna Merah Dan - Foto gratis di Pixabay

Tanaman hias outdoor yang satu ini sangat cocok ditanam di daerah tropis seperti Indonesia. Bunganya yang unik dan berwarna cerah pasti akan membuat setiap orang terpana saat melewati rumah Anda.

Umumnya bunga canna memiliki warna merah, orange, dan kuning yang mencolok. Daun tanaman canna memiliki bentuk seperti daun pisang yang lebar, namun permukaannya jauh lebih halus dan terdapat guratan berwarna kuning atau hijau.

Perawatan dari tanaman hias outdoor ini tidaklah sulit, Anda hanya perlu menyiramnya dengan rutin dan memastikannya memperoleh sinar matahari yang cukup. Karena perawatannya yang mudah tersebut, bunga canna sangat cocok bagi Anda yang masih pemula dalam dunia tanaman.

  1. Tanaman Hias Sansevieria

Jual Tanaman hias sansevieria gold flame - tanaman hias lidah mertua gold f - Kab. Bogor - Pasar_Tanaman Hias | Tokopedia

Lebih dikenal dengan lidah mertua, sansevieria merupakan tanaman hias outdoor yang tahan disegala cuaca. Sansevieria dapat hidup dengan baik di segala kondisi, entah di bawah intensitas cahaya yang tinggi maupun di tempat yang teduh sekalipun.

Selain dimanfaatkan sebagai tanaman hias outdoor, sansevieria juga membawa manfaat baik bagi lingkungan yaitu mampu menyerap bau, kotoran, dan gas polutan yang ada di udara. Dengan demikian, udara di sekitar sansiviera menjadi lebih bersih dan berkualitas.

  1. Pohon Palem

Jual Tanaman Hias Palem Kuning / tanaman indoor palm palem berkualitas - Kota Malang - harristore | Tokopedia

Jika ingin mempercantik halaman rumah dengan tanaman hias outdoor, pohon palem tidak boleh Anda lupakan. Pohon palem sangat luwes untuk dijadikan hiasan di depan rumah. Dapat tumbuh hingga ketinggian 12 meter, pohon palem pasti akan membuat halaman Anda menjadi lebih teduh.

Baca Juga :  Cara Budidaya Tanaman Hidroponik Yang Paling Mudah

Selain berfungsi sebagai estetika karena bentuknya yang unik, pohon palem juga memiliki kemampuan menyerap polusi dan meningkatkan kualitas udara di sekitarnya. Sehingga tanaman hias outdoor ini sangat bermanfaat bagi kesehatan juga lingkungan.

  1. Tanaman Hias Siklok

12 Jenis Tanaman Hias Daun untuk Suasana Rumah Lebih Hidup!

Jika menginginkan tanaman hias outdoor yang minimalis, siklok merupakan pilihan yang sangat tepat. Tanaman bernama latin Agave attenuate ini juga cocok dijadikan tanaman hias indoor. Siklok banyak dipilih sebagai hiasan karena efektif untuk sarana penghijauan di rumah.

Bentuknya yang unik juga akan menambah manis teras rumah Anda. Karakteristik daun siklok terletak pada bentuknya yang lebar di bagian pangkal dan meruncing di bagian ujungnya. Daun siklok berwarna hijau keputihan dengan tekstur yang keras.

Tanaman hias outdoor ini cocok untuk Anda yang masih pemula dalam dunia tanaman karena tidak memerlukan perawatan yang rumit. Penyiraman daan pemupukan dapat dilakukan sesekali namun berkala karena siklok tahan pada kondisi panas atau kering.

  1. Pohon Pakis Jepang

Jual Arthome 35 Cm Tanaman Artifisial Pakis Dengan Pot Original | ACE

Pakis jepang atau dalam bahasa latin bernama Athyrium nipocium merupakan tanaman hias outdoor yang sangat mudah dirawat. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di berbagai kondisi, baik di tempat yang banyak terkena sinar matahari langsung maupun tempat yang teduh.

Tanaman hias ini banyak digemari karena mempunyai karakteristik yang unik, terutama pada daunnya. Daun pakis jepang tumbuh menjalar dan berbentuk renda, kemudian warnanya juga sangat cantik yaitu ungu keperakan yang sangat mengkilap.

Dapat tumbuh mencapai ketinggian 12 inchi, pakis jepang sangat cocok dijadikan tanaman hias outdoor. Akan tetapi, agar pertumbuhannya lebih optimal pakis haji harus ditempatkan pada tempat yang teduh namun biarkan daunnya terkena sinar matahari langsung.

Kelembaban di sekitar tanaman juga harus dijaga agar konsisten. Kondisi tanahnya tidak boleh terlalu kering juga terlalu basah karena bisa menyebabkan daunnya kehilangan warna dan berubah menjadi coklat.

  1. Tanaman Hias Caladium

Jual tanaman hias caladium polkadot - Kota Bandung - Faramastore01 | Tokopedia

Caladium atau keladi adalah salah satu tanaman hias outdoor paling populer akhir-akhir ini. Karena kepopuleran tersebut, harga tanaman caladium melonjak drastis hingga jutaan rupiah. Padahal dahulu sebelum populer caladium bisa dikatakan sebagai tanaman liar.

Motif unik pada daun caladium adalah ciri khas utama yang menjadi daya tarik bagi tanaman ini. Semakin jelas coraknya maka akan semakin mahal harganya. Bahkan beberapa orang rela mengeluarkan uang ratusan juta untuk memiliki tanaman ini.

Sebenarnya masih ada banyak tanaman hias outdoor yang bisa Anda pilih untuk mempercantik pekarangan rumah. Namun jika Anda mencari yang sedang populer, tanaman-tanaman di ataslah jawabannya.

Saat sudah memutuskan untuk memelihara tanaman hias, maka Anda harus bersungguh-sungguh dalam merawatnya. Sebab tumbuhan juga makhluk hidup yang perlu diperhatikan. Selain itu, sayang juga jika Anda sudah membelinya mahal-mahal namun pada akhirnya akan mati.

 

Baca Artikel yang berkaitan dengan Tanaman Hias :

You May Also Like